REVIEW: Teleskop Celestron AstroMaster 130EQ

Dalam membeli teleskop, sebagai pemula kita pasti memikirkan apa yang nantinya bisa diamati lewat teleskop yang kita beli, apakah uang yang kita keluarkan akan sepadan dengan kualitas telesekopnya, dan apakah teleskopnya mudah digunakan? Pertimbangan ini sangat wajar, dan memang sudah seharusnya dipikirkan baik-baik.

Salah satu teleskop yang bisa kamu pilih sebagai pemula adalah Celestron AstroMaster 130EQ, ia adalah teleskop yang terbaik di kelasnya yang diproduksi oleh salah satu produsen teleskop top dunia, Celestron. Kami sangat merekomendasikan teleskop ini.

Celestron AstroMaster 130 EQ adalah teleskop jenis reflektor Newtonian dengan cermin primer selebar 130mm dan panjang fokus 650mm. Dengan spesifikasi itu, teleskop ini memiliki rasio fokus f/5, cukup untuk memberikan sudut pandang yang luas saat pengamatan dilakukan.

Akan dapat apa saja kalau beli teleskop ini?

  • Tabung optik teleskop (tentu saja)
  • Red dot finder, untuk membantu mengarahkan ke benda langit
  • Mounting equatorial lengkap dengan penyeimbang
  • Tripod yang terbuat dari baja ringan (tinggi 31,7 mm)
  • Baki aksesoris
  • 2 eyepiece (10mm dan 20mm)
  • Buku manual
  • Perangkat lunak peta langit Starry Night

Kita bahas satu per satu yuk apa yang akan didapatkan dalam paket teleskop ini!

Tabung Optik Teleskop

Tabung teleskop ini terbuat dari logam dengan beberapa elemen plastik untuk penutup di kedua ujungnya. Pada bagian bawah tabung, ada sebuah sekrup yang bisa digunakan sebagai pengatur untuk cermin primer agar bisa selalu selaras dengan cermin sekunder. Ini penting, karena merupakan teleskop reflektor, keselarasan cermin harus selalu terjaga. Dengan adanya sekrup, pengaturan teleskop ini pun menjadi sangat mudah dilakukan.

Seperti teleskop reflektor Newtonian lainnya, AstroMaster 130EQ memiliki cermin primer berbentuk parabola. Penggunaan cermin pada teleskop reflektor memiliki kelebihan daripada teleskop refraktor yang menggunakan lensa: visualisasi yang dihasilkan lebih jernih dan tajam.

Red Dot Finder

Alat yang satu ini sangat powerful. Disebut red dot finder karena dilengkapi dengan sebuah laser merah yang memproyeksikan titik kecil pada kaca kecil di dalamnya. Dengan menempatkan sebuah benda langit selaras pada titik merah tersebut, artinya teleskop dengan mengarah dengan tepat ke benda langit tersebut. Percaya deh, mengarahkan teleskop ke benda langit secara langsung tanpa red dot finder akan sangat menyulitkan!

Mounting Equatorial dengan Tripod

Mounting equatorial dari Celestron untuk teleskop ini memiliki sebutan CG-3, sebuah mounting yang sangat kokoh dan cocok dengan bobot tabung optik teleksopnya. Teleskop dengan mounting equatorial lebih memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan altazimuth. Kami sudah pernah membahasnya di tautan ini kalau kamu mau baca.

Celestron juga melengkapi teleskop AstroMaster 130EQ dengan tripod baja yang ringan namun stabil. Sangat jauh berbeda tentunya dengan tripod teleskop-teleskop "low budget" yang sedikit goyang dan tidak stabil saat digunakan.

Eyepiece

Kami akan mulai membahas eyepiece 10mm. Melakukan pengamatan lewat teleskop ini dengan eyepiece 10mm akan memberikan pembesaran hingga 65x. Pembesaran yang sudah sangat cukup untuk melihat hal-hal berikut ini:

Nah, salah satu kekurangan dari teleskop ini mungkin eyepiece 20mm-nya. Dengan spesifikasi aperture dan focal length yang sudah disebutkan di atas, penggunaan eyepiece 20mm terasa kurang memuaskan untuk pengamatan benda-benda langit selain Bulan. Meski begitu, eyepiece ini tetap bisa digunakan untuk pengamatan benda-benda di permukaan Bumi pada siang hari.

Gratis Aplikasi Starry Night

Kamu pernah menggunakan Stellarium? Nah, Starry Nigth ini adalah versi yang jauh lebih baik daripada Stellarium, imo. Kamu akan mendapatkannya sebagai bonus dalam paket teleskop AstroMaster 130EQ ini, yang mana bisa langsung diinstal di komputer atau laptop. Aplikasi ini akan membantu kamu mempelajari astronomi, dan juga bisa untuk menemukan benda-benda luar angkasa di langit malam.

Jadi, Apakah AstroMaster 130EQ ini "Worth it"?

Tentunya, iya! Kelebihan utama dari teleksop ini adalah, tentu saja, harga. Untuk spesifikasinya yang tinggi, teleskop ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa membelinya di InfoAstronomyStore.com dengan harga Rp6.119.000 (sudah diskon 15% dari harga normal Rp7.199.000).

Masih belum yakin dengan teleskop ini? Kamu bisa tanya-tanya pada kolom komentar di bawah yaa. 😉

Komentar

  • apakah eyepiece dapat di ganti dengan yg lebih tinggi pembesarannya? untuk tipe astromaster130 EQ berapa pembesaran maksimal eyepiece yang bisa terpasang? dan kalo boleh tahu info harga mengenai aksesoris tambahan teleskop juga dapat dibuatkan reviewnya. Terima kasih 😊

Masuk atau Daftar untuk berkomentar.